GRAHA KOMPUTER Jl. Raya Mertokondo 04 Kebumen (sebelah timur jembatan Tembana) Telp:085643053753

PANTAI KARANGBOLONG KEBUMEN

Friday, April 12, 20130 komentar

Kebumen - Tepatnya masuk wilayah Kecamatan Buayan, Pantai Karangbolong terletak lebih kurang 18
km arah selatan dari kota Gombong atau 39 km arah barat daya dari kota Kebumen. Pantai yang terkenal dengan sarang burung walet (lawet) dan menjadi komoditi andalan Pemerintah Daerah Kabupaten Kebumen.
Karangbolong kebumen
Tidak seperti pantai pada umumnya yang berpasir putih, di Karangbolong lebih didominasi dengan hamparan pasir yang berwarna keabu-abuan, berasal dari pengikisan batuan  Sedimen Klastik di sekitar pantai. Sapuan ombak besar yang membentur dinding perbukitan menghasilkan energi yang cukup untuk mengikis, mengangkut dan mengendapkan kembali butiran batuan. Derajat pelapukan yang tinggi di kawasan ini mempercepat proses Abrasi tersebut. Singkapan Breksi Lahar yang berada di pinggir pantai mengalami pengikisan, menghasilkan bentukan Abrasi yang unik. Pantai Karangbolong mempunyai potensi pembentukan arus balik yang kuat, sehingga merupakan kawasan yang berbahaya untuk berenang.
Di kawasan Pantai ini juga terdapat Gua Karangbolong, yang terletak di sisi timur. Sebuah lorong yang cukup panjang terbentuk pada lapisan Breksi lahar yang terkekarkan. Gua Karangbolong berukuran panjang300 M, lebar100 M dan tinggi sekitar 55 M. Breksi yang dikenal sebagai Formasi Gabon ini berumur Oligo-Miosen atau antara 300155 Juta tahun lalu. Tersingkap bersama-sama dengan sisipan batu pasir dan batu lempung.
proses pengambilan sarang burung lawet

Kawasan ini terkenal dengan sarang burung waletnya. Burung-burung kecil pemakan serangga itu tinggal di dalam lubang, ceruk, atau gua-gua breksi di sepanjang dinding terjal yang berbatasan langsung dengan laut. Sulitnya memvisualisasikan proses pengambilan sarang burung secara tradisional mendasari ide pembuatan miniatur cara pemanenan di atas gua Karangbolong. Pengambilan sarang burung yang dilakukan 4 kali dalam setahun didahului dengan serangkaian prosesi adat dan pertunjukan kesenian daerah.
Banyaknya pohon kelapa yang melindungi para wisatawan menjadikan kita betah melihat deburan ombak yang menghantam karang. Anda juga dapat menikmatinya dari gardu pandang.
Berbagai jenis hidangan pun telah tersedia di sekitar obyek wisata.

Route :
Dari arah kota Gombong ke selatan yang berjarak lebih kurang 18 km dengan waktu tempuh lebih kurang 30 menit menggunakan kendaraan bermotor pribadi. Angkutan umum yang melayani trayek Gombong-Karangbolong bolak-balik juga cukup tersedia.Selain dari arah kota Gombong, pantai ini juga dapat dilalui melalui jalur selatan Jogjakarta - Cilacap.
Share this article :

Translate

English French German Spain Russian Japanese Arabic Chinese Simplified
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. WALET MUDA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger