WISATA KELUARGA - GUA JATIJAJAR

Selasa, 19 Maret 20130 komentar

Pintu masuk gua jatijajar
 Kebumen - Jika anda mampir di Kota Kebumen sempatkanlah menjelajahi kawasan Karts Gombong selatan yang menyimpan sejuta keindahan gua dan hamparan pedasaan di tepi pantai yang akan membuat anda enggan beranjak.
Keindahan pantai yang hampir penuh dengan karang dapat kita nikmati dari perbukitan yang memang menjadi batas vegetasi antara lautan dan daratan.
Gua Jatijajar kini menjadi faforit wisata jelajah alam bersama keluarga. Didalam gua juga terdapat sungai bawah tanah yang masih aktif dan juga terdapat emapat buah sendang yakni: kantil, mawar, jombor dan puser bumi. Sendang Kantil dan Mawar dipercayai dapat menjadikan awet muda bagi siapa saja yang mau membasuh mukanya dengan air yang ada pada kedua sendang tersebut.
Untuk menikmati keindaha isi gua tidaklah membutuhkan peralatan khusus susur gua. Telah banyak lampu terpasang di tiap sudut gua dan jalan pun telah disemen, bahkan di jalan yang menanjak atau menurun telah pula dibuat anak tangga lengkap dengan pagar yang terbuat dari besi.
Konon cerita dahulu kala gua jatijajar adalah tempat semedi Raden Kamandaka atau yang lebih kita kenal dengan cerita Lutung Kasarung, Maka di dalam gua banyak terdapat patung yang menceritakan kisah tersebut.

Patung yang menceritakan legenda Lutung Kasarung
Patung-patung ini berwarna putih bersih dan diletakkan berkelompok-kelompok pada berbagai sudut gua mewakili suatu fragmen cerita. Sayangnya tidak adanya brosur yang lengkap pada objek ini mengakibatkan pengunjung banyak yang tidak mengetahui cerita Lutung Kasarung, kurang bisa menikmati atau mengerti tentang fragmen apa yang sedang diceritakan oleh patung-patung tersebut. Ada baiknya saat menikmati isi gua ini, pengunjung didampingi dengan pemandu wisata sehingga bisa tahu dan menikmati isi gua secara lebih lengkap.
Pada sisi lain di bagian luar dari Gua Jatijajar, pengunjung akan menjumpai sebuah patung dinosaurus berwarna hijau berukuran besar dengan mulutnya yang menganga lebar. Dari dalam mulut tersebut mengalir air dengan derasnya, dimana air tersebut berasal dari sungai bawah tanah yang ada didalam/bawah gua jatijajar. Air tersebut mengalir keluar dari mulut patung dinosaurus menuju aliran sungai besar dimana pengunjung terutama anak kecil banyak memanfaatkannya sebagai sarana permainan air. Dimusim penghujan, air sungai tersebut mengalir sangat deras sekali bahkan bisa meluap dan menggenangi dasar Gua Jatijajar.
Jalan didalam goa yang mudah untuk dilalui

Sebenarnya di kawasan objek wisata ini juga terdapat gua lain yakni Gua Dempok, Titikan dan Intan. Sayangnya fasilitas yang ada didalam gua tidaklah selengkap seperti apa yang ada di Gua Jatijajar, sehingga sedikit sekali orang yang berminat untuk menelusurinya. Prasarana dan sarana yang ada di sekitar objek wisata juga telah cukup banyak, termasuk diantaranya sarana angkutan umum berupa bis berukuran sedang yang siap mengantar penumpang semenjak dari tepi jalan utama pantai selatan (pansel) Kebumen - Yogyakarta, hingga menuju lokasi objek wisata gua alam, Jatijajar.

Share this article :
Comments
0 Comments
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. WALET MUDA KEBUMEN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger